16.12.10

Lomba Menulis Surat untuk Ibu

Untuk memperingati hari ibu yang akan jatuh di bulan ini, Pensil Tanpa Warna mengadakan lomba menulis surat untuk ibu. Naskah surat harap dikirim ke : pengelolapw@gmail.com. Batas waktu pengirim sampai tanggal 19 Desember 2010. Dan pemenang akan diumumkan pada tanggal 22 Desember 2010. Lomba ini terbuka untuk umum. Satu karya terbaik pilihan pengelola akan mendapatkan hadiah berupa buku :
  • Rahim karya Fadh Djibran
  • The Happiness Project karya Gretchen Rubin
  • A Thousand Splendid Suns karya Khaled Hosseini

Sinopsis buku Rahim :




Jadi mengapa kisah ini penting untuk kuceritakan padamu? Agar kau lebih menghargai hidup. Menghargai setiap tarikan nafas menghargai apapun yang dianugerahkan Raja semesta padamu, kau bayi yang beruntung memiliki orang tua yang baik dan mengasihimu, kau beruntung memiliki hidup.

Dan pada saatnya nanti, mungkin kau akan memiliki seorang anak yang bersemayam di rahim suci perempuanmu. Bila saat itu datang, apapun alasanmu, kumohon jangan biarkan para penghuni kerajaan alam rahim bersedih dan terluka lagi. Jangan sekalipun kau berfikir untuk menggugurkan kandungannya atau malah melakukannya, jangan menodai kesucian rahim perempuanmu, jangan lakukan itu, kumohon.

Asal kau tahu, Rahim adalah nama lain dari Raja Semesta.




Sinopsis buku The Happiness Project

Kisah nyata seorang perempuan yang mencoba mencari apa yang bisa membuatnya bahagia. Ia kemudian menjalani apa yang disebutnya "Proyek Kebahagiaan". Proyeknya dimulai bulan per bulan sampai mencapai satu tahun.

Setiap bulannya, ia membuat satu resolusi. Dari mempraktikkan kasih sayang; meminta pertolongan; mendapatkan lebih banyak kesenangan; menulis rasa syukur di buku catatan; sampai melakukan sesuatu tanpa mementingkan hasil. Ia juga menerapkan berbagai pendapat yang pernah ada tentang menjadi bahagia --dari pendapat para ahli filsafat, rohaniwan, hingga pendapat Oprah. Semua dijalaninya untuk menemukan mana yang berhasil membuatnya bahagia dan mana yang tidak.

Penemuannya ternyata banyak yang mengejutkan. Diantaranya, ia menemukan bahwa uang dapat membeli kebahagiaan asal digunakan secara bijaksana; bahwa inovasi dan tantangan adalah sumber kebahagiaan yang dahsyat; bahwa mentraktir diri sendiri dapat membuat perasaan kita menjadi lebih tidak enak; bahwa mengekspresikan perasaan-perasaan tak nyaman tidak akan menghilangkan perasaan itu; bahwa perubahan yang sangat kecil bisa menghasilkan perbedaan yang sangat besar. Semua penemuannya ini berkisar dari hal-hal yang sangat praktis sampai hal-hal yang bersifat mendalam.


Sinopsis Buku A Thousand Splendid Suns

"Hati pria sangat berbeda dengan rahim ibu, Mariam. Rahim tak akan berdarah ataupun melar karena harus menampungmu. Hanya akulah yang kau miliki di dunia ini, dan kalau aku mati, kau tak akan punya siapa-siapa lagi. Tak akan ada siapapun yang peduli padamu. Karena kau tidak berarti!" Itulah kutipan dalam A Thousand Splendid Suns karya Khaled Hosseini, sang penulis The Kite Runner. Kalimat itu sering kali diucapkan sang ibu setiap kali Mariam bersikeras ingin berjumpa dengan Jalil, ayah yang tak pernah secara sah mengakuinya sebagai anak. Dan kenekatan Mariam harus dibayar dengan sangat mahal. Sepulang menemui Jalil secara diam-diam, Mariam menemukan ibunya tewas gantung diri. Sontak kehidupan Mariam pun berubah. Sendiri kini dia menapaki hidup. Mengais-ngais cinta di tengah kepahitan sebagai anak haram. Pasrah akan pernikahan yang dipaksakan, menanggung perihnya luka yang disayatkan sang suami. Namun dalam kehampaan dan pudarnya asa, seribu mentari surga muncul di hadapannya.

"Emosi terpendam, kekuatan cinta, keindahan, keterlarangan, dan kesabaran tanpa batas, semua ditampilkan Khaled Hosseini dalam A Thousand Splendid Suns." - O, the Oprah Magazine

"A Thousand Splendid Suns berisikan cerita memilukan tentang dua perempuan Afghan dalam mempertahankan hidup dengan segenap kekuatan mereka." - Booklist

"Inspirasional, menyentuh hati … A Thousand Splendid Suns menuturkan secara dalam tentang pencarian dan pengorbanan cinta." - Family Circle



* Naskah original, tidak menjiplak hasil karya orang lain
** Naskah belum pernah diterbitkan dimanapun (termasuk blog pribadi)
*** Naskah yang masuk akan menjadi hak milik pengelola Pensil Tanpa Warna

20 komentar:

  1. Aku tertariiiiiiiiikkkk...

    *mulai mikir ide* :c:

    BalasHapus
  2. akuuuuhhhh mauuuu buuukuuuuu yg terakhiiiiirrrr.... :a:

    Siapapun yang menang buku terakhir, aku pinjam yak.. :c:

    BalasHapus
  3. saya mau ikutan klo saya yang dimenangin :c: :C:

    itu buku ke2 ma ke3 Indonesia kan??

    BalasHapus
  4. ini yang menang cuma satu khan... trus dapet 3 buku sekaligus

    BalasHapus
  5. iya mblue, udah di terjemahin ke bahasa indonesia

    BalasHapus
  6. Daleman... :m:

    Kalo buku itu bahasa inggris semua.
    Silakan di kasi tante guru aja buat translate na... :f:

    BalasHapus
  7. @sasab: :e: :e: :e:

    BalasHapus
  8. wow ada sinopsisny...baca dulu ah...

    BalasHapus
  9. lha koq sinopsis buku ke 2 dan ke 3 sedih bener yak :i: :i:

    *deketin pengelola biar dimenangin kuis* :c:

    BalasHapus
  10. @deepblue
    maaf, anda tidak dimenangin, so anda tidak perlu ikut ..
    hehehe
    *pisss*

    BalasHapus
  11. @Rhynwow jadi mba ya jurinya :c: :c: :c: *duduk disamping* menangin saya ya mba :h:

    BalasHapus
  12. aku mauuuuuuuuuuuuuuuuuuu :d:

    BalasHapus
  13. aku menangin yaaaaaaaa
    yang no dua yaaaaaaaaaa

    *dikeplak*nulis suratnya aja belum
    wkwkw

    BalasHapus
  14. @deepblue
    bukan bukan ..
    saya mah hanya kaki tangan saja
    *eh

    BalasHapus
  15. mba - mba semua .. salam kenal yah :D
    newbie ini :D

    buat pengelola..
    thankyou for accepting my request :)

    *giranglompatlompat

    BalasHapus
  16. @Dunia Terbalik hai-hai salam kenal juga mba :c:

    BalasHapus
  17. @Rhyn lha..kirain mba curinya :b:

    BalasHapus
  18. huuwaaaaah aku lupa jadwalnya, telat deh mau ikutan nih lomba hiiiiikkks

    BalasHapus
  19. Kali aja nanti ada lomba lagi.... hehe... tenang aja :c:

    BalasHapus

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.