11.12.10

ai loph yu fren


Pernah bertengkar sama teman atau sahabat?? Hmm, pastinya rata-rata kita udah pernah mengalaminya, kecuali orang itu emang gak punya teman ato sahabat (hehehe, emang ada orang kayak gitu?) Pernah gak kita bertengkarnya sampe berhari-hari, atau bahkan berbulan-bulan, sampe-sampe jadi musuh utama? Hmm.. pasti gak enak banget rasanya, apalagi sampe kehilangan sahabat. Semoga beberapa tips ini bisa meminimalisir terjadinya konflik berkepanjangan.


  • Bertengkar dengan teman/sahabat gak selamanya buruk, ada kalanya itu justru akan mempererat persahabatan karena kita akan saling mengerti satu sama lain. Melihat dari pengalaman yang ada biar gak mudah kehilangan sahabat/teman tercinta: "Jangan sampe bertengkar heboh di depan umum." Selain bikin malu, gak enak juga jadi tontonan orang, entar malah dikira sinotron gagal tayang.
  • Ketika mulai terjadi konflik, coba kita pikirkan juga perasaan si teman, gimana kalo kita ada di posisinya. Think before act, yah namanya juga kalo dalam keadaan emosi mana sempat sih berpikir dulu? Tapi gimana kalo kata-kata yang kita keluarkan ato perbuatan yang kita lakukan bakal membawa kerugian atau penyesalan? Untuk itulah kita harus berpikir dulu, sempat gak sempat harus disempatin.
  • Fokus pada permasalahan, jangan sampe menyebar kemana-mana. Kalo udah tersebar, bisa-bisa masalah yang tadinya cuma kayak kutu, bisa gede kayak badak.
  • Jangan mengungkit masa lalu atau masalah yang udah selesai karena itu akan menimbulkan pertengkaran yang lebih tajam.
  • Gak usah hitung-hitung kebaikan yang pernah kita lakuin untuk teman/sahabat kita. Kalo berbuat baik kan harus ikhlas :)
  • Katakan terus apa yang gak kita sukai, jangan sampe setelah pertengkaran masih ada hal-hal yang disimpan sehingga timbul sakit hati. Biar bisa sama-sama introspeksi diri.
  • Kalo memang kita salah, ya akuilah kesalahan.
  • Jangan tiba-tiba meninggalkan si teman/sahabat tanpa ada penjelasan apa-apa. Okelah kalo emang persahabatan kita gak bisa diterusin ato perlu "break", tapi beresin dulu masalahnya, jangan langsung pergi.
  • And the last, say the magic word "Sorry"

Semoga bermanfaat :)

4 komentar:

  1. Eh ada Milmel, si Milshake melon..

    iya tuh punya temen yg ngertiin kita di semua keadaan kan ga gampang, jadi ya harus dijaga kalo udah dapet..

    Nice post Milmel..

    :c:

    BalasHapus
  2. kalo aku marah, aku bakal diem
    curhat ma yg laen, kalo dah plong ya biasa aja lagi kaya ga ada masalah. tapi butuh waktu.itu kalo dia ga minta maaf.
    kalo dia minta maaf bisa ga pake waktu lama...

    kalo aku yg salah aku usahain minta maaf duluan.

    BalasHapus
  3. he'eh mba...tapi ada masa dimana saya butuh diam :h:

    BalasHapus
  4. @tante tiwi : iya kayak yang udh sring kita dgr, kalo nyari musuh gampang, tapi nyari temen susah.. makasi tante tiwi,, lama tak jumpo :h:

    @grey : bener :h:

    @bagiandalambiru : sepakat :h:

    BalasHapus

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.